ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR PROFIDANA PARAMITRA (Studi Kasus Pada PT. BPR Profidana Paramitra Sewon Bantul Yogyakarta)

EKA FARHATUN HIDAYAH, 13133200108 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR PROFIDANA PARAMITRA (Studi Kasus Pada PT. BPR Profidana Paramitra Sewon Bantul Yogyakarta). Prodi Manajemen UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL EKA FARHATUN HIDAYAH.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT. BPR Profidana Paramitra dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah PT. BPR Profidana Paramitra. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. BPR Profidana Paramitra Sewon Bantul Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 nasabah, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dalam bentuk uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y=-3,666+0,048X1+0,114X2+0,330X3+0,383X4+0,152X5. Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial variabel daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah sedangkan variabel bukti fisik (X1) dan keandalan (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu variabel jaminan (X3) dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan thitung sebesar 5,091. Berdasarkan hasiluji F menunjukan bahwa variabel bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung sebesar 77,632 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan nilai R2 yaitu sebesar 0,898 yang berarti bahwa dimensi kualitas pelayanan memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji koefisien determinasi juga menunjukan nilai R square sebesar 0,807 yang artinya kepuasan nasabah dipengaruhi oleh dimensi kualitas pelayanan sebesar 80,7% sedangkan sisanya sebesar 19,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan kepuasan nasabah
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 22 Mar 2017 02:49
Last Modified: 22 Mar 2017 02:49
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item