PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG NILAI PLASTIK TRANSPARAN UNTUK MENANAMKAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN DI SEKOLAH DASAR

Dyah Galih Rizki Wulandari, PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta and Budiharti, PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG NILAI PLASTIK TRANSPARAN UNTUK MENANAMKAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN DI SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
28. Dyah Galih Rizki Wulandari, Budiharti.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)pengembangan media, 2) kualita smedia, 3) efektifitas media, dan 4)ketuntasan belajar siswa menggunakan media kantong nilai plastik transparan.Prosedur penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desai, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IIa, IIb, IIIa dan IIIb SD Negeri Sumowono, Kaligesing, Purworejo yang keseluruhan berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara menghitung nilai perbedaan kelas kontrol dan eksperimen menggunakan persentase angket respon siswa, persentase wawancara guru, independent samples t-tes dan persentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kantong nilai plastik transparan bahwa 1) pengembangan media kantong nilai plastik transparan telah dilakukan dengan baik. 2) kualitas produk media kantong nilai plastik transparan yang dikembangkan memiliki kategori baik. 3) Berdasarkan perhitungan dengan uji Independent Samples T-test SPSS signifikansi 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan kantong nilai plastik transparan efektif pada materi operasi hitung bilangan ditinjau dari pemahaman konsep. 4) Nilai ketuntasan belajar sebesar 85% untuk kelompok besar kelas IIa dan 84% untuk kelompok besar IIIa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Media kantong nilai plastik transparan, pemahaman konsep matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:32
Last Modified: 09 Mar 2017 03:32
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item