Kanzul Aini Hadikatu Ilmi, Universitas Sebelas Maret and Dini Ayu Lestari, Universitas Sebelas Maret (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI SAKRA LOMBOK TIMUR. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
11. Kanzul Aini Hadikatu Ilmi, Dini Ayu Lestari.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini yang menjadi sempel adalah seluruh siswa kelas VIIc SMPN SAKRA tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 22 orang.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dalam II siklus pada siklus I pembelajaran sudah cukup aktif dengan skor aktivitas siswa Pertemuan pertama yang diperoleh sebesar 2,25 dan pertemuan ke 2 sebesar 2,85, sementara dari hasil evaluasi belajar diperoleh nilai rata-rata 82,45 dan ketuntasan klasikal mencapai 77,27 %. Sementara pada siklus II, skor aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 3,93 dan pada pertemuanke -2 sebesar 4,2. dan prestasi belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 85,27 dan ketuntasan klasikal sebesar 90,91%. Jadi, penerapan pembelajaran realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Salah satu arternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang mampu membangkitkan motivasi siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Realistik dan prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 02:35 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 02:35 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1248 |
Actions (login required)
View Item |