Eliasar Kollo, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta and Fredik Lambertus Kollo, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (2016) OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN POLA PIKIR SISWA YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
10. Eliasar Kollo, Fredik Lambertus Kollo.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan Negara Indonesia didukung dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Pada bidang pendidikan mempunyai berbagai model pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu model pembelajaran di kelas ialah model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran problem based learning memiliki beberapa strategi, kriteria, langkah-langkah, keunggulan dan kelemahan.Pada proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan model problem based learningmaka dapat meningkatkan pola pikir siswa yang bijaksana dan meningkatkan sikap nasionalisme siswa dalam mengambil keputusan dan dalam pengambilan keputusan juga bersifat kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam kajian ini ialah metode kajian pustaka. Diharapkan agar guru selalu menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam proses pembelajaran yang terpenting bahwa harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, pola pikir siswa, kearifan lokal |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 02:32 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 03:55 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1247 |
Actions (login required)
View Item |