EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abdur Risman, PPs Universitas Sebelas Maret Surakarta and Sigit Santoso, PPs Universitas Sebelas Maret Surakarta and Susilaningsih, PPs Universitas Sebelas Maret Surakarta (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Abdur Risman, Sigit Santoso, dan Susilaningsih.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran akuntansi dengan modul pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri terbimbing dengan pembelajaran akuntansi dengan buku teks, (2) apakah pembelajaran akuntansi dengan modul pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri terbimbing lebih efektif dari pada pembelajaran akuntansi dengan buku teks. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen eksperimen semu (quasi eksperimen), yang menghubungkan sebab akibat antara variabel yang sengaja ditentukan dengan variabel lain, dengan desain pretest posttest control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Karanganyar semester satu Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah tiga kelas, yaitu kelas XI Akuntansi 1 sampai XI Akuntansi 3. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas XI Akuntansi 1 dan kelas XI Akuntansi 3 yang masing-masing terdiri atas 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik angket, dan teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t test untuk nilai kognitif siswa, dilanjutkan dengan uji indepedent test dengan menghitung selisih antara nilai pretest dan postest kelas eksperimen dan kontrol, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol (thitung > ttabel = 2,48 > 1,99). Penggunaan modul pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran akuntansi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa yang lebih baik daripada penggunaan media buku teks.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 24 Feb 2017 04:08
Last Modified: 24 Feb 2017 04:08
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item