Andreas Widihasta, 12144400005 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS-SEJARAH MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA DI KELAS VIII E SMP NEGERI 2 PANDAK TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi Sejarah UPY.
|
Text
Artikel .pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS-Sejarah melalui metode pembelajaran Talking Stick pada siswa di kelas VIII E SMP Negeri 2 Pandak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang meliputi langkah-langkah perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP N 2 Pandak, Bantul yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa mencapai minimal yaitu 76% dari jumlah siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar IPS-Sejarah siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada rata-rata skor motivasi siswa dari pra siklus 59,7%, meningkat 63,6% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 77,4% pada siklus II. Sesuai dengan tujuan penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dalam kegiatan belajar mengajar IPS-Sejarah dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Talking Stick |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 26 Jan 2017 04:25 |
Last Modified: | 26 Jan 2017 04:25 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
View Item |