DRA. KRISTINA WARNIASIH, M.Pd, FKIP UPY and CHRISTINA EVA NURYANI, S.Si, M.Sc, FKIP UPY (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PENDUGAAN PARAMETER. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
2016 laporan penelitian upy.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dalam peningkatan pemahaman konsep matematika materi pendugaan parameter pada mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Matematika UPY” Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika UPY. Sampel penelitian mahasiswa semester IV A1. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemapuan pemahaman konsep pada materi pendugaan parameter. Teknik analisis data menggunakan uji statistik uji-T. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Statistika Lanjut pada materi pendugaan parameter dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Dalam pengujian statistik uji-t dengan taraf nyata 5 % ternyata signifikan, yang mana t hitung = 9,13 lebih tinggi dari pada harga t tabel = 1,67. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif Think Pair Square (TPSq) efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi pendugaan parameter mahasiswa semester IV prodi Pendidikan Matematika UPY.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif Think Pair Square (TPSq), Kemampuan pemahaman konsep |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 14 Jan 2017 03:28 |
Last Modified: | 14 Jan 2017 03:28 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1220 |
Actions (login required)
View Item |