PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN SQ3R DAN JENIS BACAAN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V DI SD N NGRUKEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmanto Budi Prabowo, 12144600106 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN SQ3R DAN JENIS BACAAN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V DI SD N NGRUKEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi PGSD, UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Subjek penelitian dipilih secara acak yaitu kelas VA dan kelas VB SD N Ngrukeman Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul yang berjumlah 40 siswa. Kelas VB diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik pembelajaran SQ3R sedangkan kelas VA tidak diberikan perlakuan (pembelajaran Konvensional). Pemilihan satu kelas yaitu kelas V A dijadikan sebagai kelas kontrol sedangkan kelas V B dijadikan kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji-t menggunakan teknik Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dari uji-t pada nilai posttest dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau sig < 0,05. Selanjutnya penggunaan teknik pembelajaran SQ3R ditinjau dari jenis teks deskripsi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) pada posttest sebesar 0,000 atau sig < 0,05 dan pada jenis teks narasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,000 atau sig < 0,05.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknik pembelajaran SQ3R , teks deskripsi, teks narasi, hasil belajar membaca pemahaman
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:48
Last Modified: 27 Dec 2016 03:48
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item View Item