KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS III SD BANGUNJIWO

Jamilatun Wicahyaningrum, 12144600154 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS III SD BANGUNJIWO. PGSD, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Bangunjiwo kelas III semester gasal pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa kelas eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah media puzzle sedangkan variabel terikatnya adalah pretasi belajar IPA. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan kuesioner. Uji instrumen soal tes menggunakan uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Soal pretes diperoleh 18 valid dan 7 soal tidak valid. Soal postes diperoleh 16 soal valid dan 9 soal tidak valid. Uji reliabilitas pretes menunjukkan 0,793 > 0,70 dan uji reliabilitas postes menunjukkan 0,766 > 0,70. Jadi, reliabilitas atau tingkat keandalan dari soal tes sudah reliabel. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa hasil nilai signifikansi adalah 0,002 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan data tersebut dapat simpulkan bahwa media pembelajaran puzzle efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas III SD Bangunjiwo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPA, Media Puzzle.
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 07 Dec 2016 02:20
Last Modified: 07 Dec 2016 02:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item