UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV DI SDN 3 DONOREJO PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Briandika Doni Arnanda, 12144600132 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV DI SDN 3 DONOREJO PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Donorejo,Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkahlangkah yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah mind mapping. Analisis data menggunakan rata-rata hitung dan persentasi ketuntasan minimal. Berdasarkan analisis data penelitian, Prestasi belajar siswa pada saat prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh 66,78 persentase ketuntasan sebanyak 39,13%, kemudian setelah melaksanakan tindakan pada siklus I meningkat 10,17% diperoleh hasil nilai rata-rata siswa menjadi 74,78 dengan peresentase ketuntasan sebanyak 60,86%. Pada siklus II mengalami peningkatan 13,70% nilai rata-rata kelas menjadi 77,39 dengan persentase ketuntasan mencapai 86,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar PKn, Pendidikan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Mind Mapping
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:36
Last Modified: 03 Nov 2016 02:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item