PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERGAMBAR PADA MATERI “TEKS PERCAKAPAN” PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGANGKRIK SLEMAN

Andriyas Kumoro Dewi, 12144600001 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERGAMBAR PADA MATERI “TEKS PERCAKAPAN” PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGANGKRIK SLEMAN. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL RIYAS.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa kualitas bahan ajar sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kualitas bahan ajar dapat dilihat dari perolehan persentase penilaian oleh ahli materi 1 & 2, dan ahli bahan ajar. Hasil kualitas bahan ajar oleh ahli materi 1 diperoleh skor 106 dengan persentase 85% masuk dalam kategori sangat baik. Ahli materi 2 diperoleh skor 108 dengan persentase 86,4% masuk dalam kategori sangat baik. Hasil kualitas bahan ajar oleh ahli bahan ajar diperoleh skor 63 dengan persentase 90% masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan daya tarik bahan ajar dengan respon siswa diperoleh hasil pada saat uji coba kelompok kecil dengan persentase 86,9% dengan kategori sangat menarik, sedangkan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 92,3% dengan kategori sangat menarik. Hasil perolehan nilai rata-rata pretes dari keseluruhan siswa yaitu 6,1, sedangkan perolehan nilai ratarata postes dari keseluruhan siswa yaitu 8,2. Berdasarkan hasil perolehan nilai rata-rata pretes dan postes menunjukan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa sebelum dan setelah diberikan produk bahan ajar. Hal ini juga dapat dilihat dari penilaian sikap siswa selama pembelajaran. Analisis observasi sikap siswa pada saat ujicoba kelompok kecil menunjukan hasil perolehan persentase 88%, sedangkan pada saat ujicoba kelompok besar memperoleh hasil persentase 89%. Hal ini menunjukan bahwa sikap siswa selama pembelajaran pada saat menggunakan bahan ajar dengan media gambar lebih baik dalam menerima materi pelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yaitu siswa terampil berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan yang mencakup 4 aspek (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis) dapat tercapai seperti yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Media Gambar, Teks Percakapan.
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:29
Last Modified: 02 Nov 2016 03:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item