PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA AUTHORWARE PADA KELAS IV SD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

Nanda Prayoga, 12144600091 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA AUTHORWARE PADA KELAS IV SD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dijadikan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, desain, produksi, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, produk akhir. Validator penelitian terdiri dari ahli materi dan ahli media. Ahli materi menilai aspek ini dan aspek pembelajaran; ahli media menilai aspek desain aplikasi dan komunikasi visual dan rekayasa perangkat lunak. Subjek coba penelitian adalah siswa kelas IV SD I Pedes Sedayu Bantul. Pada uji coba perseorangan melibatkan lima siswa yang dipilih secara acak berdasarkan rekomendasi dari guru kelas IV. Pada uji coba lapangan melibatkan seluruh siswa kelas IV pada SD tersebut. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan tes. Data dianalisi dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas media pembelajaran IPS SD berbasis multimedia pembelajaran interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 ditinjau dari aspek isi diperoleh skor rata-rata 4,21 dengan kriteria sangat baik, aspek pembelajaran diperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria baik, aspek desain aplikasi dan komunikasi visual diperoleh persentase 81,81% dengan kriteria baik, dan aspek rekayasa perangkat lunak diperoleh persentase 80% dengan kriteria baik; daya tarik media pembelajaran pada uji coba lapangan diperoleh rata-rata persentase 96,74% dengan kriteria sangat baik; ketuntasan belajar siswa pada uji coba lapangan kompetensi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi) diperoleh rata-rata 87,24 dengan persentase ketuntasan 100% dikategorikan sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Authorware 7.0
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:20
Last Modified: 01 Nov 2016 04:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item