KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD 1 KADIPIRO NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL

Rina Nuryanti, 12144600192 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD 1 KADIPIRO NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD 1 Kadipiro Ngestiharjo Kasihan Bantul pada semester ganjil bulan Juli-Agustus 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD 1 Kadipiro Ngestiharjo Kasihan Bantul. Sampel diambil di kelas V yang berjumlah 62 siswa dari dua kelas, kelas VA sebanyak 31 siswa dan kelas VB sebanyak 31siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan stastistik uji hipotesis Uji independent simple t -test. Berdasarkan penelitian eksperimen yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD 1 Kadipiro. Hal ini ditunjukan dari uji efektifitas model Contextual Teaching And Learning nilai posttest prestasi belajar matematika siswa dengan thitung = 4,350 < ttabel = 2,042 dan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak pada signifikansi   0,05 sehingga H1 diterima yang berarti pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matemtaika dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 74.193.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:29
Last Modified: 28 Oct 2016 02:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item