Robi, 12144600134 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA TIMBUL BERBAHAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL ROBI.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhamadiyah Pulokadang Kecamatan Jetis. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pulokadang sebanyak 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Developmen yang mangacu model pengembangan Sugiyono dalam bukunya Borg and Gall. Tahapan penelitian ini meliputi (1) mengidentifikasi potensi masalah;(2) pengumpulan data (3) mendesain produk; (4) validasi pakar/ahli;(5) revisi; (6) uji coba produk terbatas; (7) revisi; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi; (10) produk akhir. Teknik dan pengumpulan data: pedoman wawancara, angket, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan perhitungan prosentase dan rata-rata. Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa,(1) kualitas produk dari ahli media dan ahli materi dalam katagori sangat baik dengan skor rata-rata 4.28, dimana rata-rata 4.28 berada pada interval ̅ > 4.20 (2) Respon guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran dalam katagori sangat baik dengan skor rata-rata 4.36, (3) daya tarik media pembelajaran dalam katagori baik karena dari 11 pertanyaan yang diajukan sebagian besar jawaban guru setuju dan sesuai apabila media pembelajaran tersebut digunakan dalam pembelajaran, (4) terdapat peningkatan prestasi belajar setelah penggunaan media pembelajaran peta timbul, peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar yaitu 52.38 % pembelajaran sebelum menggunakan media, dan 76.19% pembelajaran setelah menggunakan media pembelajaran. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran peta timbul berbahan barang bekas layak diunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Media Peta Timbul, Ketuntasan Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 03:54 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:54 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1153 |
Actions (login required)
View Item |