Dyah Galih Rizki Wulandari, 12144600105 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG NILAI PLASTIK TRANSPARAN UNTUK MENANAMKAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN DI SEKOLAH DASAR. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Prosedur penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desai, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IIa, IIb, IIIa dan IIIb SD Negeri Sumowono, Kaligesing, Purworejo yang keseluruhan berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara menghitung nilai perbedaan kelas kontrol dan eksperimen menggunakan persentase angket respon siswa, persentase wawancara guru, independent samples t-tes dan persentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kantong nilai plastik transparan bahwa 1) pengembangan media kantong nilai plastik transparan telah dilakukan dengan baik. 2) kualitas produk media kantong nilai plastik transparan yang dikembangkan memiliki kategori baik. 3) Berdasarkan perhitungan dengan uji Independent Samples T-test SPSS signifikansi 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan kantong nilai plastik transparan efektif pada materi operasi hitung bilangan ditinjau dari pemahaman konsep. 4) Nilai ketuntasan belajar sebesar 85% untuk kelompok besar kelas IIa dan 84% untuk kelompok besar IIIa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media kantong nilai plastik transparan, pemahaman konsep, matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 03:49 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:49 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1152 |
Actions (login required)
View Item |