ANDREAS WIDIHASTA, 12144400005 (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS-SEJARAH MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA DI KELAS VIII E SMP NEGERI 2 PANDAK TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi. Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS-Sejarah melalui metode pembelajaran Talking Stick pada siswa di kelas VIII E SMP Negeri 2 Pandak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang meliputi langkah-langkah perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP N 2 Pandak, Bantul yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa mencapai minimal yaitu 76% dari jumlah siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar IPS-Sejarah siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada rata-rata skor motivasi siswa dari pra siklus 59,7%, meningkat 63,6% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 77,4% pada siklus II. Sesuai dengan tujuan penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dalam kegiatan belajar mengajar IPS-Sejarah dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Talking Stick |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Geografi dan Sejarah > Pendidikan dan penelitian sejarah |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 03:42 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:42 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1150 |
Actions (login required)
View Item |