EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI SD NGRUKEMAN KASIHAN BANTUL

Imam Sholeh, 12144600082 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VI SD NGRUKEMAN KASIHAN BANTUL. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD N Ngrukeman Kecamatan Kasihan tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIA dan VIB SD N Ngrukeman Kecamatan Kasihan yang berjumlah 52 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar IPS siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Numbered Heads Together (NHT). Hal ini diketahui dari uji t prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,017 atau sig < 0,05 dengan nilai t 2.470. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Hal ini diketahui dari hasil nilai posttest dengan jumlah rata-rata 83.58 dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan jumlah rata-rata 75.12 dari kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Adanya perbedaan peningkatan nilai prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan tentang pemakaian model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran dan tercapai prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, Jigsaw ,Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:38
Last Modified: 12 Oct 2016 01:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item