IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Siska Candra Ningsih, UPY (2016) IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMINAR UNS. bu siska 2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Metode Numerik melalui kegiatan Lesson Study. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester VI kelas A1 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Yogyakarta yang mengikuti perkuliahan Metode Numerik. Objek penelitian adalah penerapan kegiatan Lesson Study dalam pembelajaran Metode Numerik dengan pendekatan kooperatif. Kegiatan lesson study pada penelitian ini dilaksanakan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Dalam tahap plan, sekelopmpok dosen merangcang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan mempersiapkan semua yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dalam tahap do, dosen model melaksanakan perencanaan pembelajaran yang sudah disusun sebelumnya. Tahap see dilakukan setelah proses pembelajaran selesai. Observer memberikan komentar, kritikan dan saran berkaitan kegiatan do sehingga dapat dijadikan rujukan untuk merencanakan siklus berikutnya. Hasil kegiatan lesson study menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa pada pra-siklus hanya 49,41% (kategori kurang), pada siklus I 53,31% (kategori cukup), siklus II menjadi 74,09% (kategori cukup), siklus III meningkat menjadi 82,75% (kategori tinggi) dan siklus IV meningkat lagi menjadi 83,656% (kategori tinggi). Untuk hasil belajar, pada pra-siklus nilai rata-rata kelas hanya 50.40 dengan ketuntasan belajar 32.50% (kategori rendah), pada siklus I, rata-rata kelas 52.225 dengan ketuntasan belajar 47,50% (kategori rendah), pada siklus III, rata-rata kelas meningkat 70.15 dengan ketuntasan belajar 77.50% (kategori tinggi) dan siklus IV, rata-rata kelas telah menapai 72.775 dengan ketuntasan belajar 82.50% (kategori tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lesson study, motivasi, hasil belajar, pembelajaran kooperatif
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:01
Last Modified: 04 Oct 2016 04:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item