Danuri, UPY (2016) IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR MAHAMAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA 2 DI KELAS A6-15 PRODI PGSD FKIP UPY. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Danuri 2016.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran matematika di kelas A6-15 prodi PGSD, mengetahui tingkat partisipasi dan hasil belajar mahamahasiswa kelas A6-15 dalam implementasi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian adalah mahamahasiswa kelas A6-15 yang berjumlah 42 mahamahasiswa. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses implementasi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT). Desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, hasil tes belajar, hasil angket partisipasi belajar mahamahasiswa, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) melalui empat tahapan yaitu penomoran, mengajukan tugas/ soal/ pertanyaan, diskusi kelompok, dan guru menyebut salah satu nomor anggota kelompok, partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata presentase angket partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Rata-rata presentase pada siklus I sebesar 59,80 % dengan kategori sedang, dan pada siklus II sebesar 78,43 % dengan kategori baik. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor tes hasil belajar siswa pada tes pada siklus I sebesar 61,40 dengan kategori cukup, dengan kategori baik, dan pada siklus II sebesar 71,03 dengan kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, NHT, Partisipasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 03:46 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 03:46 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1102 |
Actions (login required)
View Item |