IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD IT AL MADINAH TEMPURAN MAGELANG JAWA TENGAH

Wawan Andi Permana, 12144600040 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD IT AL MADINAH TEMPURAN MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1 ; halm, sampul, Abtrak, persetujuan...hingga daftar isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB VI ;daftar pustaka-lampiran.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SD IT Al Madinah Tempuran Magelang Jawa Tengah, pelaksanaan pendidikan karakter, dan faktor yang menghambat dalam pelaksanaan implementasi pendidikan karakter di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan para pelatih kegiatan ekstrakurikuler. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai yang dikembangkan di SD IT Al Madinah Tempuran Magelang Jawa Tengah antara lain 6 (enam) karakter pokok yaitu religius, kedisiplinan, peduli lingkungan, peduli sosial, kejujuran, dan cinta tanah air/ kebangsaan serta didukung karakter lain seperti tanggung jawab, kerja keras, percaya diri, mandiri, dan santun. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter terealisasi dan terintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pengembangan budaya sekolah. (3) Faktor yang menghambat dalam implementasi pendidikan karakter meliputi faktor kebiasaan dari siswa maupun pendidik dalam hal keterlambatan berangkat ke sekolah, kebiasaan mengantuk, mengganggu teman dan mengobrol ketika waktu pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Faktor lingkungan alam berupa kendala cuaca atau hujan yang mengakibatkan beberapa kegiatan yang seharusnya dilaksanakan di luar ruangan menjadi terbatalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, SDIT
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:17
Last Modified: 02 Sep 2016 04:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item