JEVI SETYARI RAYUANGGAR RENIVA, 12144200101 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SEWON TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan layanan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa (2) hubungan komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi siswa (3) hubungan antara layanan bimbingan belajar dan komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 168 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 84 siswa dengan menggunakan teknik quota cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas logis. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi produk moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan layanan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,544 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti ada semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap siswa maka motivasi berprestasi siswa akan semakin baik, (2) Ada hubungan komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,457 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik komunikasi interpersonal siswa maka motivasi berprestasi siswa akan semakin baik, (3) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan belajar dan komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon tahun pelajaran 2015/2016 dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung 28,711 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya ada hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan belajar dan komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi siswa. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang mendukung proses layanan bimbingan belajar dan komunikasi interpersonal siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan belajar, komunikasi interpersonal, motivasi berprestasi |
Subjects: | Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri Sosial > Komunikasi, media masa, semiotik Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:00 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 04:00 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
View Item |