Windri Ratna Peni, 12144600157 (2016) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD N SURYODININGRATAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (40MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
||
Text
Dokumen BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB VI dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (40MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD N Suryodiningratan 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, (2) mengetahui upaya yang dilakukakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD N Suryodiningratan 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, (3) mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD N Suryodiningratan 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, (4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD N Suryodiningratan 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SD N Suryodiningratan 1 Yogyakarta mulai bulan Juni sampai bulan Juli 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan tenaga Tata Usaha (TU). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan interactive model yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/ferification. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Peran kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru di SD N Suryodiningratan 1 Yogyakarta. Kepala sekolah memiliki peran sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, dan evaluator dalam meningkatkan kinerja guru; (2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah sangat mendukung kinerja guru dapat meningkat. Dengan memberikan bimbingan, pengarahan, dan motivasi merupakan usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru; (3) Strategi yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan pembinaan secara langsung dan memberikan motivasi kepada guru agar lebih meningkatkan kinerja; (4) Faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja guru yaitu adanya motivasi dari kepala sekolah, sarana dan prasarana yang lengkap, dan pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG), sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja guru di SD N Suryodiningratan 1 Yogyakarta yaitu guru kurang menguasai Teknologi dan kurangnya motivasi dari diri guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 07:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:00 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1074 |
Actions (login required)
View Item |