UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V B SD PERCOBAAN 3 PAKEM SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Prof. Dr. Buchory MS., M.Pd., Universitas PGRI Yogyakarta (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V B SD PERCOBAAN 3 PAKEM SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Sosialita Vol.6 No.6 september 2012. ISSN 2086-5600

[img]
Preview
Text
10.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Percobaan 3 Sleman, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Percobaan 3 yang berjumlah 20 siswa. Obyek dari penelitian ini adalah Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan mind mapping dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V B SD Percobaan 3 Pakem Sleman Yogyakarta.Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi kolaborator yang menghasilkan data bahwa pada pelaksanaan pra penelitian siswa masuk pada tingkatan termotivasi dan sangat termotivasi 35% pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pelaksanaan siklus II mencapai 90%, demikian juga prestasi belajar siswa juga meningkat dari rata-rat 6,20 menjadi 7,03 pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 7,53 pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar prestasi belajar mind mapping
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 01 Sep 2016 05:53
Last Modified: 01 Sep 2016 05:53
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item