PERAN GURU KELAS DALAM MEMINIMALISIR TINDAKAN KEKERASAN SISWA KELAS III SD NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL

Intan Puspita Sari, 12144600076 (2016) PERAN GURU KELAS DALAM MEMINIMALISIR TINDAKAN KEKERASAN SISWA KELAS III SD NEGERI 1 SRANDAKAN BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindakan kekerasan siswa kelas III SD Negeri 1 Srandakan Bantul, mendeskripsikan faktorfaktor penyebab tindakan kekerasan siswa kelas III SD Negeri 1 Srandakan Bantul, dan mendeskripsikan peran guru kelas dalam meninimalisir tindakan kekerasan siswa kelas III SD Negeri 1 Srandakan Bantul. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Srandakan Bantul pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data yang digunakan kemudian dianalisis dan diperiksa keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Tindakan kekerasan siswa tergolong tingkat ringan karena sebagaian besar kekerasan berbentuk lisan seperti mengejek. (2) Tindakan kekerasan siswa disebabkan oleh faktor yang bersumber pada siswa dan faktor yang bersumber pada guru. (3) Peran guru kelas dalam meminimalisir tindakan kekerasan siswa diantaranya peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pengelola kelas, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai evaluator, peran guru sebagai anggota masyarakat, dan peran guru sebagai mediator. Peran guru sebagai administrator, peran sebagai pemimpin, dan fasilitator belum dijalankan guru secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Kelas, Tindakan Kekerasan Siswa.
Subjects: Sosial > Permasalahan dan kesejahteraan Sosial > Psikologi Kriminal; kenakalan anak dan remaja
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 01 Sep 2016 03:40
Last Modified: 01 Sep 2016 03:40
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item View Item