UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS V DI SD 2 KADIPIRO KASIHAN BANTUL TAHUN 2015/2016

Nurhayati, 12144600084 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS V DI SD 2 KADIPIRO KASIHAN BANTUL TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas V di SD 2 Kadipiro Kasihan Bantul Tahun 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SD 2 Kadipiro Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 2 Kadipiro, yang terdiri dari 16 siswa putra dan 9 siswa putri. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan tes prestasi berupa evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata dan persentase ketuntasan. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata 34,08,pada siklus I meningkat menjadi 41,44, dan pada siklus II meningkat menjadi 68,96. Sementara presentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu 0%, meningkat di siklus I menjadi 28%, dan pada siklus IImeningkat menjadi 64% dengan KKM mata pelajaran IPS 71.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran tipe Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep, IPS
Subjects: Sosial
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Sep 2016 03:39
Last Modified: 01 Sep 2016 03:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item