Fety Dyah Rahmawati, 12144600173 (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE GUGUS II KECAMATAN IMOGIRI BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (17MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan intrapersonal siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Imogiri Bantul tahun ajaran 2015/2016, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Imogiri Bantul tahun ajaran 2015/2016, dan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar siswa kelas IV se-Gugus II Kecamatan Imogiri Bantul tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Se-Gugus II Kecamatan Imogiri Bantul pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 siswa dengan sampel sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate random sampling dengan menggunakan tabel Isaac & Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas, serta teknik pengujian hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kecerdasan intrapersonal memiliki rata-rata sebesar 121,69 yang berada pada kelas interval 108 < X ≤ 132, sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intrapersonal siswa kelas V di SD Se-Gugus II Kecamatan Imogiri termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah presentase sebesar 62,9%. Variabel prestasi belajar memiliki rata-rata sebesar 72,6810 yang berada pada kelas interval 67,5 < X ≤ 82,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas V di SD Se-Gugus II Kecamatan Imogiri termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah presentase sebesar 64,8%. Serta ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar siswa yang diperoleh melalui analisis dengan hasil nilai rhitung = 0,422, rtabel = 0,19, dimana rhitung > rtabel atau 0,422 > 0,19 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dari hasil korelasi tersebut dapat diketahui tingkat hubungan antara kedua variabel yaitu tergolong sedang dengan rentang 0,400-0,599.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan intrapersonal, prestasi belajar |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 02:18 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:18 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1051 |
Actions (login required)
View Item |