HANANTO, 11144100177 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)” PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK MA’ARIF 1 NGLUWAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (40MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas X AK 2 SMK Ma’arif 1 Ngluwar Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini siswa kelas X AK 2 SMK Ma’arif 1 Ngluwar Magelang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Desain penelitian tindakan kelas ini adalah menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu menyusun rencana tindakan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan (Observing), refleksi (Reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan kedua dilaksanakan dalam 6 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis seluruh data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Hal ini dapat di buktikan bahwa pada siklus 2 hasil observasi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) telah mencapai kategori tinggi, sehingga dapat meningkatkan : 1)Motivasi belajar siswa dalam kualifikasi tinggi pada pra siklus sebanyak 1 siswa (4,35%), meningkat di Siklus I dengan 5 siswa (21,74%) dan pada siklus II dicapai sebanyak 19 siswa (83,61%). 2) Hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat dari sebelum diadakan penelitian dengan nilai rata – rata adalah 65,52 dalam kualifikasi cukup dan ketuntasan belajarnya adalah 17,39%. Setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata – rata tes hasil belajar siswa meningkat menjadi 74,95 dalam kualifikasi cukup dengan ketuntasan belajar siswa 60,86%. Pada siklus II nilai rata – rata tes hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 83,95 dalam kualifikasi tinggi dengan ketuntasan belajar mencapai 86,95%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), motivasi belajar dan hasil belajar matematika |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 06:51 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 06:51 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1046 |
Actions (login required)
View Item |