PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SEJARAH INDONESIA BERBASIS MUSEUM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GAMPING

Muhamad Abdu, Prosa Pendidikan Sejarah UPY (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SEJARAH INDONESIA BERBASIS MUSEUM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GAMPING. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMAD_ABDU.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) yang dilakukan untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran video museum untuk kelas XI SMA Negeri 1 Gamping dengan model pengembangan ADDIE (2) Kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran video museum pada materi lahirnya Tentara Nasional Indonesia yang ditinjau berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dalam penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) ini, menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi, serta dalam mengukur minat siswa digunakan dengan Uji t satu arah pada taraf signifikasi 5%. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gamping dengan subjek uji coba adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPS 2. Hasil penelitian ini berupa: (1) Perangkat pembelajaran berupa video museum berdasarkan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Menyusunan desain video museum dan instrumen penilaian produk. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan layak karena berdasarkan aspek kevalidan memperoleh skor 4,3. Berdasarkan aspek kepraktisan mendapat skor 4 dan 90% hasil dari keterlaksanaan pembelajaran. Penilaian keefektifan menurut minat belajar siswa menunjukan kenaikan sebesar 3,51% pada siswa dalam kategori tinggi. Sedangkan perolehan thitung sebesar 4,88 dengan ttabel dalam taraf signifikasi 5% sebesar 2,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video, Museum, Sejarah Indonesia, Minat Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan
Geografi dan Sejarah > Sejarah Asia > Sejarah Asia Tenggara > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:49
Last Modified: 05 Apr 2024 03:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/10388

Actions (login required)

View Item View Item