FILSAFAT PENDIDIKAN KONTEMPORER edisi 1

Septian Aji Permana, Lecturer of PGRI University (2020) FILSAFAT PENDIDIKAN KONTEMPORER edisi 1. UPY Press.

[img] Text
filsafat-pak-aji.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga sektor pendidikan memegang peranan yang sangat strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang produktif, inovatif, dan berkepribadian sesuai dengan nilai-nilai budaya masyarakatnya. Proses pendidikan tidak saja memberikan nilai kognitif dan keterampilan kepada manusia, tetapi juga dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai yang seharusnya dimiliki oleh seorang manusia di dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan tidak bisa lepas dari filsafat, sehingga lahirlah filsafat pendidikan. Filsafat pendidikan merupakan salah satu bagian dari berbagai cabang filsafat yang fenomenal dan berpengaruh dalam kehidupan manusia saat ini. Filsafat pendidikan dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan normatif dalam bidang pendidikan yang merumuskan kaidah-kaidah norma atau ukuran tingkah laku perbuatan yang dilaksanakan oleh manusia dalam hidup dan kehidupannya. Dalam perkembangannya, filsafat pendidikan terbagi menjadi beberapa aliran. Ada aliran progresivisme, esensialisme, perenialisme dan rekonstruksionisme. Setiap aliran berkembang menurut ontologi, epistemologi dan aksiologinya masing-masing serta berpengaruh dalam perkembangan dunia pendidikan sampai saat ini. Penulisan ini secara khusus membahas tentang bebagai macam aliran pendidikan seperti, Filsafat Pendidikan Pancasila, Filsafat Pendidikan Pragmatis, Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Filsafat Pendidikan Idealisme, Filsafat Pendidikan Progresivisme, Filsafat Pendidikan Esesialisme, dan Filsafat Pendidikan Perenialisme.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:21
Last Modified: 02 Apr 2024 05:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item