FALSAFAH GURU (Ditinjau dari Prespektif Persatuan Guru Republik Indonesia)

Septian Aji Permana, Lecturer of PGRI University (2023) FALSAFAH GURU (Ditinjau dari Prespektif Persatuan Guru Republik Indonesia). UPY Press.

[img] Text
falsafah-guru.pdf

Download (6MB)

Abstract

Seorang warga negara Indonesia yang merasa dirinya sebagai guru tertentu berusaha untuk mengajar dengan baik, profesional. Guru Indonesia harus berperan aktif membantu Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa (UUD 1945). Mengajar adalah suatu aktivitas Internasional, suatu aktivitas yang menimbulkan semangat belajar. Guru melakukan berbagai hal (mengajar, memberikan soal, menilai), supaya siswa mau belajar apa saja. Guru yang profesional mempunyai ciri antara lain: mengetahui apa yang diajarkan, menegtahui bagaimana cara mengajar, dan mengetahui untuk siapa mengajar. Menurut George (1971) yang ada sejumlah kondisi dari mengajar yang baik adalah kontinuitas. Maksudnya guru bukan mengajarkan suatu pelajaran tersendiri secara lepas dan membiarkannya berlalu. Tetapi guru mengajarkan suatu pelajaran secara kontinuitas dan dalam tata urutan kesatuan. Pengajaran yang baik melibatkan pula suatu kondisi yang ketiga yaitu “consept formation”. Pengajaran yang baik akan berhasil jika ditunjang oleh guru yang baik yakni mengajar siswanya untuk memperoleh pola pemikiran dan tindakan yang membawa perubahan (dari tidak tahu menjadi tahu)

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:18
Last Modified: 02 Apr 2024 05:18
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/10378

Actions (login required)

View Item View Item