Bayu Permono, 12144600043 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PAKEMATIK PADA MATERI DAUR AIR KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (19MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media ditinjau dari segi kevalidan dari ahli materi terdiri atas aspek isi dan pembelajaran, kevalidan dari ahli media terdiri atas aspek tampilan dan pemrograman, keterterapan terdiri atas angket respon siswa dan wawancara guru, dan keefektifan terdiri atas observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini laksanakan di SD 1 Kadipiro Kasihan Bantul pada semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD 1 Kadipiro Kasihan Bantul sebanyak 34 siswa. Teknik dan pengumpulan data: angket validasi, angket respon siswa, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran layak untuk dikembangkan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi ditinjau dari aspek isi menunjukkan skor rata-rata 4,3 dengan kriteria sangat baik dan aspek pembelajaran menunjukkan skor rata-rata 4,4 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian ahli media ditinjau dari aspek tampilan menunjukkan skor rata-rata 4,0 dengan kriteria baik dan aspek pemrogaman menunjukkan skor rata-rata 3,8 dengan kriteria baik. Hasil angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh persentase 96,25% dengan kriteria sangat baik dan uji coba lapangan diperoleh persentase 98,89% dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi uji coba terbatas menunjukkan skor rata-rata 3,5 dengan kriteria baik. Hasil observasi uji coba lapangan menunjukkan skor rata-rata 4,0 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada uji coba terbatas menunjukkan persentase 81% dengan kriteria sangat baik. Pada uji coba lapangan hasil belajar siswa meningkat, dibuktikan melalui skor pre-test menunjukkan persentase 83,17% dengan kriteria baik meningkat menjadi 87,88% dengan kriteria sangat baik pada nilai post-test.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, IPA, Multimedia interaktif berbasi PAKEMATIK |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 03:28 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:28 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1036 |
Actions (login required)
View Item |