Chintiya Putri Pratiwi, 12144100029 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI SMP N 2 GAMPING. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
HAL I-XVII.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran matematika menyatakan bahwa siswa kurang mampu mengungkapkan ide-ide atau gagasan yang dimiliki, maka kemampuan komunikasi matematika mereka kurang berkembang. Penggunaan TTW dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran konvensional terhadap komunikasi kemampuan matematika, keefektifan TTW terhadap kemampuan komunikasi matematika dan keefektifan TTW dibanding dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 2 Gamping tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan teknik tersebut diperoleh kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes komunikasi dan dokumentasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutkan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 5%. Analisis data dengan uji kesamaan rata-rata dan uji t menunjukkan: pembelajaran konvensional efektif terhadap kemampuan komunikasi yang ditunjukkan oleh 1 2 P value yaitu 0,008 0,025, model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan komunikasi siswa ditunjukkan dengan 1 2 P value yaitu 0,000 0,025 dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa ditunjukkan dengan 0,0005 < 0,025. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, TTW, Efektif |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Matematika > Metode Penelitian Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:06 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:06 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1028 |
Actions (login required)
View Item |