UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAMBANGLIPURO

RENI SETIYANINGRUM, 12144100019 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAMBANGLIPURO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pemebelajaran matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bambanglipuro setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunkan model pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan Prisma dan Limas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, yaitu suatu upaya untuk mencermati kegiatan belajar secara kolaboratif berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis data observasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Solving dilakukan melalui enam fase yaitu mneyajikan permasalahan, mengidentifikasi pola atau aturan yang disajikan, mengekplorasi, meginvestigasi, meduga dan menemukan solusi, dengan tingkat keterlaksanaan 95,83% (kriteria tinggi) disiklus I dan 100% (kriteria tinggi) di siklus II, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai rata-rata prasiklus 46,67 (kriteria kurang), meningkat pada siklus I 67,95 (kriteria cukup) dan meningkat pada siklus II 78,61 (kriteria baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:57
Last Modified: 30 Aug 2016 01:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1011

Actions (login required)

View Item View Item