UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA

Heni Nurrohmah, 12144100105 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V, Daftar Pustaka dan Lampiran Penting.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kompetensi strategis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan berdasarkan penjelasan guru mata pelajaran matematika kelas VII A bahwa siswa masih belum mampu menentukan hubungan matematik dari soal dan mengembangkan metode penyelesaian yang efektif. Hasil tersebut diperkuat oleh data ulangan tengah semester genap siswa kelas VII A bahwa siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal, karena 85% dari 35 siswa tidak dapat menyelesaikan soal tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa 30 siswa kelas VII A masih belum memiliki kemampuan kompetensi strategis matematis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian in iadalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan Metaphorical Thinking untuk meningkatkan kemampuan kompetensi strategis matematis siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil wawancara, catatan lapangan, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan strategis matematis siswa mengalami peningkatan, berdasarkan hasil tes akhir siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pra penelitian yang diambil dari nilai ulangan tengah semester genap siswa kelas VII A adalah 66,22 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 25,71% (9 siswa mencapai KKM), sedangkan pada akhir siklus I rata-rata hasil tes kemampuan kompetensi strategis matematis siswa meningkat menjadi 74,17 dengan persentase siswa yang mencapai KKM 57,14% (20 siswa mencapai KKM). Nilai rata-rata kemampuan strategis matematis siswa mencapai KKM pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,74. Persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus II adalah 77,14% (27 siswa mencapai KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Metaphorical Thinking, kemampuan strategis matematis
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:17
Last Modified: 26 Aug 2016 04:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item