PEMANTAPAN KOMITE PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI KENAIKAN KELAS PADA FASE D DI SEKOLAH PENGGERAK SMP N 4 PATUK

Palupi Sri Wijayanti, Prosa Pendidikan Matematika, UPY and Tri Ratna Herawati, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UPY and Rika Novita Kusumaningrum, FKIP and Fitri Jamilah, FKIP (2022) PEMANTAPAN KOMITE PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI KENAIKAN KELAS PADA FASE D DI SEKOLAH PENGGERAK SMP N 4 PATUK. PEMANTAPAN KOMITE PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI KENAIKAN KELAS PADA FASE D DI SEKOLAH PENGGERAK SMP N 4 PATUK, 2 (2). pp. 204-212.

[img] Text
81-Article Text-224-1-10-20220812.pdf

Download (437kB)

Abstract

Sekolah penggerak merupakan sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka di satuan Pendidikan. SMP N 4 Patuk merupakan salah satu diantaranya yang termasuk pada Angkatan pertama. Kegiatan akhir tahun ajaran harus memberikan laporan hasil belajar siswa dan konfirmasi kenaikan kelas. Pada sekolah penggerak Angkatan pertama belum menemukan contoh maupun best practice dalam menyusun dokumen tersebut. Dengan demikian, perlu adanya pendampingan dan pemantapan komite pembelajaran dalam melengkapi dokumen kenaikan kelas seperti laporan hasil belajar berupa rapor intrakurikuler maupun kokurikuler. Hal ini merupakan landasan dasar pelaksanaan pengabdian dan dilaksanakan melalui tiga langkah yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutupan. Pada tahapan persiapan, tim melakukan komunikasi untuk perijinan baik dari sekolah maupun universitas. Selain itu, tim pengabdi menyiapkan materi yang berkaitan dengan penyusunan laporan hasil belajar serta kriteria kenaikan kelas. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan, tim pengabdi menyampaikan meteri kemudian diteruskan dengan berdiskusi serta tanya jawab. Pada tahap terakhir yaitu penutup, pengabdi melakukan simulasi pengisian nilai rapor untuk kegiatan projek profil pelajar Pancasila yang disesuaikan dengan pedoman pembelajaran dan asesmen yang berlaku. Hasil kegiatan pengabdian bagi komite pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pemahaman serta antusiasme para guru dalam menggerakkan transformasi sekolah penggerak. Hal ini terlihat dari semangat peserta yang langsung praktik mengisi laporan hasil belajar siswa selama pelaksanaan pengabdian. Kata Kunci: sekolah penggerak; komite pembelajaran; PMO; profil pelajar Pancasila

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan
BKD
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Depositing User: Mrs. Tri Ratna Herawati, M.Pd.
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:50
Last Modified: 19 Feb 2024 00:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/10021

Actions (login required)

View Item View Item