IFTI NURROHMAH, 12144100001 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IX B MTs MUHAMMADIYAH KASIHAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
Dokumen 1;HLM. Sampul, Abstrak,Persetujuan... hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (1MB) |
||
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Kasihan pada tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX B MTs Muhammadiyah Kasihan yang berjumlah 31 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Diakhir siklus dilaksanakan tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Hal ini terbukti dari : (1) hasil observasi kegiatan guru dalam pembelajaran matematika siklus I sebesar 83,32% (kategori cukup) pada siklus II sebesar 100% (kategori tinggi), (2) hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 65% (kategori cukup) pada siklus II sebesar 85% (kategori tinggi), (3) nilai kemampuan berpikir kreatif matematika berdasarkan aspek-aspek (a) berpikir lancar pada siklus I sebesar 80,64 (kategori tinggi) meningkat pada siklus II mencapai 87,41 (kriteria tinggi); (b) keterampilan menilai pada siklus I sebesar 64,51 (kriteria cukup) meningkat pada siklus II mencapai 78,49 (kriteria tinggi); (c) berpikir luwes pada siklus I sebesar 75,37 (kategori tinggi) meningkat pada siklus II mencapai 80,82 (kategori tinggi); (d) berpikir orisinal pada siklus I sebesar 67,09 (kategori cukup) meningkat pada siklus II sebesar 76,34 (kategori tinggi); berpikir terperinci pada siklus I mencapai 79,15 (kategori tinggi) meningkat pada siklus II mencapai 84,27 (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kreatif matematika. |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 05:22 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:22 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1001 |
Actions (login required)
View Item |