PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SEGUGUS II KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA 2015/2016

Sujarwo, 12144600051 (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SEGUGUS II KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan..hingga DaftarIs.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuan untuk mengetahui 1) Pola asuh orang tua siswa , 2) Kedisiplinan belajar siswa, dan 3) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Segugus II Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di SD Segugus II Kasihan, Bantul, Yogyakarta.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Segugus II Kasihan, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 308 siswa dan sampel penelitian yang berjumlah 175 siswa dengan teknik propotional random sampling.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pola asuh orang tua (X) dilihat dari besarnya Mean (M) = 97,46berada pada kelas interval 81 < X  99 dengan presentase = 50,29% berada pada kategori baik. (2) kedisiplinan belajar (Y) dilihat dari Mean (M) = 64,71 berada pada kelas interval 54 < X ≤ 66 dengan presentase = 50,86% berada pada kategori tinggi. (3) Ada pengaruh yang positif pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Se- Gugus II Kasihan, Bantul, Yogyakarta Tahun pelajaran 2015/2016, dengan diperoleh Fhitung= 20,319 dengan p = 0,000 < 0,05. Artinya semakin baik pola asuh orang tua maka semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa.Demikian juga sebaliknya semakin kurang pola asuh orang tua maka semakin rendah kedisiplinan belajar siswa.Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh yang positif pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar akan memberikan wawasan dan pandangan bagi orang tua dan sekolah dalam mewujudkan prestasi belajar yang baik dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, kedisiplinan belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:35
Last Modified: 24 Aug 2016 03:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item