ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA

Dapimahanani, 12144100063 (2016) ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui taraf kesalahan dan tingkat kesalahan pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Yogyakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 28 siswa. pengambilan subjek wawancara dilakukan secara purposive. Subjek penelitian yang akan diwawancarai diambil 7 siswa dari 28 siswa kelas VIIB, masing-masing terdiri dari 1 siswa dari kelompok atas, 2 siswa dari kelompok tengah, dan 4 siswa dari kelompok bahwah. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait dengan hasil pekerjaannya pada soal materi keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat. Kemudian akan dilakukan crosscheck terhadap ketujuh siswa tersebut. Crosscheck dilakukan dengan cara triangulasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 soal uraian pemecahan masalah. Analisis data yang digunkan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis kesalahan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 11 Yogyakarta berdasarkan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan segiempat, diperoleh tingkat kesalahan pemecahan masalah matematika siswa, yaitu kesalahan membaca berada dalam kategori tingkat kesalahan rendah sekali. Kesalahan memahami masalah berada dalam kategori tingkat kesalahan cukup, kesalahan transformasi berada dalam kategori tingkat kesalahan sangat tinggi, kesalahan kemampuan memproses berada dalam kategori tingkat kesalahan rendah dan kesalahan penulisan jawaban akhir berada dalam kategori tingkat kesalahan cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah, Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:31
Last Modified: 18 Aug 2016 04:31
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item