HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Idho Mukrom Kurniawan, 09144200280 (2016) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan perilaku sosial anak di SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 96 siswa dengan menggunakan teknik total random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan mengetahui nilai rhitung sebesar 0,360 lebih besar dari rtabel 0,202 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik bimbingan orang tua pada siswa maka semakin baik pula perilaku sosial siswa, sebaliknya semakin kurang bimbingan orang tua pada siswa maka semakin rendah pula perilaku sosial siswa. Dengan arti lain bahwa tinggi rendahnya perilaku sosial siswa dapat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pemberian bimbingan orang tua terhadap siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dengan perilaku sosial siswa memberikan perhatian, bimbingan dan peran dari berbagai pihak baik di sekolah maupun di rumah sangat diperlukan dalam meningkatkan pemberian bimbingan orang tua dan perilaku dalam rangka meningkatkan kepribadian yang baik dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan orang tua, perilaku sosial
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 05:01
Last Modified: 15 Aug 2016 05:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item