IMPLEMENTASI NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Marsidah, 12144600187 (2016) IMPLEMENTASI NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
Dokumen BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB VI + Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswa, mendeskripsikan hambatan hambatan yang dialami oleh guru, serta strategi yang dapat digunakan guru dalam mengimplementasikan nilai kedisiplinan kepada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV SD Muhammadiyah Bantul Kota mengimplementasikan nilai kedisiplinan kepada siswa dengan melalui empat kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pada penerapannya guru juga menggunakan peraturan, hukuman, konsistensi dan penghargaan sebagai pedoman. Hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan nilai kedisiplinan yaitu meskipun di sekolah sudah dilaksanakan namun kurangnya pembiasaan orangtua dalam menerapkan kedisiplinan di rumah, kurangnya kesadaran diri siswa sehingga masih terpaku adanya peraturan sekolah, pada penerapannya guru juga masih menunggu perintah sekolah untuk optimalisasi program terkait kedisiplinan, dan guru kelas/guru pengganti masih mengalami kesulitan mengkondisikan siswa di kelas. Strategi guru dalam mengimplementasikan nilai kedisiplinan siswa yaitu dengan cara disiplin otoriter edukatif, teknik external control, teknik inner control dan teknik cooperatif control.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai, Kedisiplinan
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:56
Last Modified: 15 Aug 2016 04:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item