Muhaimin Nur Arifin, 09144200088 (2016) PERANAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERMASALAHAN KESULITAN BELAJAR PADA SISWA SMPN 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui lebih dekat faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kesulitan belajar peserta didik, dan usaha-usaha guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi peserta didik kesulitan belajar di SMPN 7 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 7 Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Sumber data diperoleh dari (1) wawancara dengan guru bimbingan dan konseling, dan staf kesiswaan SMPN 7 Yogyakarta, (2) observasi atau pengamatan secara langsung, dan (3) dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini; sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik pengumpulan data interaktif yang dilakukan dengan (1) wawancara; (2) observasi langsung; (3) analisis dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang meliputi (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor penyebab peserta didik kesulitan belajar di SMPN 7 Yogyakarta ada 2 faktor yaitu faktor lingkungan: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. faktor dari dalam diri sendiri.; (2) usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu mengenali peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, memahami sifat dan jenis kesulitan belajarnya, menetapkan latar belakang kesulitan belajar, Menetapkan usaha-usaha bantuan, melaksanakan bantuan dan menindak lanjuti peserta didik yang masih berprestasi rendah meskipun sudah diberikan bimbingan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling, dan Kesulitan Belajar |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 01:50 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 01:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/929 |
Actions (login required)
View Item |