David Listiawan, 12144200022 (2016) PENGARUH BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan ... hingga Daft.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan pribadi terhadap perkembangan konsep diri siswa kelas VII SMP N 4 Banguntapan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 4 Banguntapan Tahun Ajaran 2015/2016 sebesar 110 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 56 siswa dengan menggunakan teknik Quota Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan pribadi terhadap konsep diri kelas VII SMP N 4 Banguntapan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,584 lebih besar dari rtabel 0,263 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik pelaksanaan bimbingan pribadi pada siswa maka semakin baik konsep diri siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pelaksanaan bimbingan pribadi pada siswa maka semakin kurang konsep diri siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu terutama bimbingan pribadi menjalankan program maupun layanannya dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pembentukan konsep diri siswa yang baik di sekolah maupun masyarakat. Peran penting layanan bimbingan pribadi dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan konseling dan didukung peran orang tua di rumah dapat meningkatkan konsep diri siswa yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan pribadi, konsep diri |
Subjects: | Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Psikologi Individual, Karakter Psikologi > Psikologi Terapan > Psikologi Konseling, nasihat, penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 02:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 02:48 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/920 |
Actions (login required)
View Item |