Dini Maifiroh, 12144200120 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI DENGAN PEMILIHAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VII SMP N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (789kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara keharmonisan keluarga dengan pemilihan teman sebaya, (2) Hubungan antara kemampuan bersosialisasi dengan pemilihan teman sebaya, (3) Hubungan antara keharmonisan keluarga dan kemampuan bersosialisasi dengan pemilihan teman sebaya, dan (4) Seberapa besar sumbangan keharmonisan keluarga dan kemampuan bersosialisasi dengan pemilihan teman sebaya siswa kelas VII SMP N 1 Sentolo tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sentolo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 130 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 66 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi produk moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara keharmonisan keluarga dengan pemilihan teman sebaya siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,530 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik keharmonisan keluarga, maka semakin baik pula pemilihan teman sebaya pada siswa, (2) Ada hubungan positif antara kemampuan bersosialisasi dengan pemilihan teman sebaya dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,656 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik kemampuan bersosialisasi siswa maka semakin baik pemilihan teman sebaya pada siswa, (3) Ada hubungan positif antara keharmonisan keluarga dan kemampuan bersosialisasi dengan pemilihan teman sebaya dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 31,642 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik keharmonisan keluarga dan semakin baik kemampuan bersosialisasi siswa maka semakin baik pula pemilihan teman sebaya pada siswa, (4) Kontribusi antara keharmonisan keluarga dan kemampuan bersosialisasi dengan pemilihan teman sebaya sebesar 50,1% sedangkan sejumlah 49,9% yang tidak dapat dijelaskan pada penelitian ini berasal dari faktor lain. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa keharmonisan keluarga dan kemampuan bersosialisasi yang baik pada siswa mempunyai peran penting bagi peningkatan pemilihan teman sebaya pada siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui pelaksanaan bimbingan konseling secara efektif dan efisien dengan pemahaman tentang keharmonisan keluarga, kemampuan bersosialisasi dengan pemilihan teman sebaya yang baik pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keharmonisan keluarga, kemampuan bersosialisasi, pemilihan teman sebaya |
Subjects: | Psikologi > Psikologi Terapan > Hubungan Antar Individu Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 07:31 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:31 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/908 |
Actions (login required)
View Item |