PENGARUH PUNISHMENT (HUKUMAN) TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

BENI TRI KURNIAWAN, 12144200094 (2016) PENGARUH PUNISHMENT (HUKUMAN) TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh punishment (hukuman) yang baik terhadap pembentukan perilaku siswa kelas X SMK Negeri 2 Sewon Bantul tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Sewon Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 214 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 72 siswa dengan menggunakan teknik quotarandom sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan punishment (hukuman) terhadap pembentukan perilaku Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2015/2016dengan diketahui nilai terhitung sebesar 0,444 dengan p = 0,000 lebih kecil dari  = 0,05. Dengan demikian pemberian punishment yang positif pada siswa maka akan membentuk perilaku positif pada siswa, sebaliknyarendahnya pemberian punishment positif pada siswa maka pembentukan perilaku pada siswa tidak positif.Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pemberian punishment yang positif pada siswa dapat memberikan peran terbentuknya sikap yang baik dan pembentukan perilaku yang baik pada siswa dapat terwujud berbagai kegiatan sekolah yang mendukung proses interaksi yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: punishment, pembentukan perilaku
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 28 Jul 2016 05:51
Last Modified: 28 Jul 2016 05:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item