PENINGKATAN KEBERANIAN BERBICARA MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UPY

SISWANTA, UPY (2016) PENINGKATAN KEBERANIAN BERBICARA MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UPY. ARTIKEL HASIL LESSON STUDY.

[img]
Preview
Text
Artikel Lesson Study Sej Eropa - Siswanta Repotari.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran yang dihadapi dalam perkuliahan Sejarah adalah mahasiswa kurang aktif dalam mencari dan membaca materi sebelum mengikuti perkuliahan membuat mahasiswa kurang siap mengikuti pembelajaran sehingga dosen banyak menggunakan waktu untuk memberikan konsep dengan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah membuat mahasiswa menjadi pasif dan monoton dalam belajar sehingga suasana pembelajaran menjadi “kurang hidup”. Kondisi tersebut berdampak pada kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi, pada akhirnya sebagian besar mahasiswa menghadapi kesulitan dalam mengerjakan tugas, latihan dan dalam menjawab soal-soal ujian. Di samping itu dosen menjadi kurang efektif dalam mengalokasi waktu. Pelaksanaan Lesson Study bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kompetensi dan kolaborasi dosen mata kuliah serumpun. Pelaksanaan Lesson Study melibatkan empat dosen, satu dosen sebagai model lainnya sebagai observer. Kegiatan Lesson Study mencakup tiga tahap kegiatan yang merupakan satu rangkaian yang disebut siklus yaitu Plan, Do, dan See. Dalam tahap Plan dilakukan diskusi mengkaji perencanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh dosen model, dalam tahap Do dilakukan pembelajaran oleh dosen model berdasar RPP hasil Plan, dalam tahap See dilakukan refleksi untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan dosen model untuk menemukan kelemahan dan kelebihan guna ditindak lanjuti pada pembelajaran berikutnya. Lesson Studi ini dilaksakan dalam empat siklus untuk dua dosen model, dua siklus untuk setiap dosen model. Hasil Lesson Study menunjukkan bahwa pelaksanaan Lesson Study di Prodi Pendidikan Sejarah dapat : 1) meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah studi masyarakat Indonesia dan sejarah Eropa Baru, 2) meningkatkan suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dan 3) meningkatkan kerjasama antar mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Kesimpulan pelaksanaan Lesson Study adalah keberanian berbicara mahasiswa meningkat berdampak pada proses pemahaman materi pembelajaran rumpun mata kuliah sejarah menjadi lebih berkualitas dibanding sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keberanian Berbicara Mahasiswa, Lesson Study.
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental
Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Psikologi Komunikasi
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 20 Jun 2016 03:23
Last Modified: 20 Jun 2016 03:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item