EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA ENAM SEKOLAH SASARAN SMA DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ESTIKA KAPIYANI, 12155140053 (2016) EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA ENAM SEKOLAH SASARAN SMA DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keefektifan implementasi Kurikulum 2013 pada kepemimpinan kepala sekolah, persiapan guru mengajar, proses pembelajaran, sistem penilaian dan pemanfaatan sarana prasarana dan 2) mengungkapkan hasil belajar siswa di enam sekolah SMA sasaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2015/2016 di enam sekolah sasaran implementasi Kurikulum 2013. Data penelitian dikumpulkan melalui: (1) dokumentasi, pengamatan (observasi) terhadap guru mengajar dengan pendekatan saintifik dan penilaian otentik, (2) wawancara (interview) dengan kepala sekolah, guru, karyawan (ka TU), siswa; (3) dokumentasi terhadap perangkat pembelajaran guru mata pelajaran, dan (4) angket. Analisis data digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kepemimpinan kepala sekolah di enam sekolah sasaran SMA baik sesuai kriteria kepemimpinan dalam Kurikulum 2013, 2) persiapan mengajar dilaksanakan cukup efektif sesuai dengan kriteria pelaksanaan pembelajaran saintifik, 3) proses pembelajaran cukup efektif sesuai dengan kriteria pelaksanaan Kurikulum 2013, 4) sistem penilaian efektif dan sesuai dengan rambu-rambu penilaian otentik, 5) buku pegangan guru dan peserta didik yang tersedia cukup memadai dalam menunjang proses pembelajaran yang sesuai dengan kriteria pelaksanaan Kurikiulum 2013, 6) hasil belajar peserta didik melalui ujian sekolah sudah menunjukkan efektifan diatas nilai Kriteria Kompetensi Minimal Imlementasi Kurikulum 2013 yaitu > 65

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Implementasi, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum > Pengembangan Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:44
Last Modified: 01 Jun 2016 02:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item