PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA

Moch. Yogi Firdaus, 11144100080 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, serta variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 11 Yogyakarta kelas VIII yang terdiri dari kelas VIIIA, VIIIB, VIIIc, dan VIIID. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. Pembelajaran berbasis kecerdasan mejemuk lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kraetif (nilai Sig.(1-tailed) = 0,03 < 0,05, maka H1 diterima). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori (nilai Sig.(1-tailed) = 0,01 < 0,05, maka H1 diterima).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Daya khayal, imajinasi, kreativitas
Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kecerdasan dan Bakat
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 May 2016 06:44
Last Modified: 30 May 2016 06:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item