MASAYU NURUL ANA, 14155140001 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN, DAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATA PELAJARAN ANTROPOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) SISWA KELAS XI IBB MAN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (949kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam (1)meningkatkan kemampuan penalaran siswa (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran antropologi kelas XI IBB MAN Yogyakarta I Tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB MAN Yogyakarta I Tahun 2015/2016. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data diuji dengan menggunakan validitas isi. Teknis analisis untuk data kualitatif dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu (1) meningkatkan kemampuan penalaran siswa yang ditunjukkan rata-rata kemampuan penalaran siswa pada pra siklus termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 55, siklus I 56,5% siswa masuk dalam kategoribaik dengan nilai rata-rata 71,6 dan pada siklus II,87 % siswa masuk pada kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 87,5(2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditunjukkan pada pra siklus kemampuan pemecahan siswa termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 56,7, siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa 56,5% masuk kategoribaik dengan nilai rata-rata 70, 3 dan pada siklus II, 83 % siswa masuk pada kategori baik sekali dengan nilai rata-rata 86, 7.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Sosial > Sosiologi dan Antropologi |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 30 May 2016 06:03 |
Last Modified: | 30 May 2016 06:03 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/781 |
Actions (login required)
View Item |