ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERGANTIAN KAP PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

PUJI SANTOSO, 11133100008 (2016) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERGANTIAN KAP PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja auditor yang sesuai dengan keinginan klien menjadikan merasa cocok dan susah menerima auditor lain. Karena hal itulah akan timbul keraguan tentang independensinya. Bisa saja auditor akan mengesampingkan standar akuntansi yang sudah paten demi memenuhi kepuasan klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kecenderungan perusahaan melakukan pergantian auditor atau KAP. Penelitian ini dilakukan terhadap 155 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2010 – 2014. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, yaitu dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi kecenderungan perusahaan melakukan pergantian KAP adalah Pergantian Manajemen (CEO) dengan nilai signifikansi 0,00, dan Financial Distress dengan nilai signifikansi 0,008. Sedangkan faktor yang tidak mempengaruhi kecenderungan perusahaan melakukan Pergantian KAP adalah Opini Periode Sebelum dengan nilai signifikansi 0,998, Ukuran KAP dengan nilai signifikansi 0,292, Ukuran Perusahaan dengan nilai signifikansi 0,983, dan Opini Going Concern dengan nilai signifikansi 0,362. Nilai koefisien determinasi hasil penelitian ini menunjukan nilai 0,647, yang artinya kemampuan variabel independen menjelaskan variabel dependen adalah 64,7% sedangkan 35,3% dapat dijelaskan oleh variabel – variabel lain diluar model penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pergantian KAP, Opini Periode Sebelum, Ukuran KAP, Ukuran Perusahaan, Pergantian CEO, Financial Distress, Opini Going Concern
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Keuangan > Investment, investasi
Teknik > Manufaktur/Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 May 2016 04:49
Last Modified: 30 May 2016 04:49
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item