PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN SWASTA DALAM MENYELESAIKAN PROBLEMATIKA SEKOLAH SWASTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012 - 2014

MOHAMMAD BAGUS SASMITA, 12255140021 (2016) PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN SWASTA DALAM MENYELESAIKAN PROBLEMATIKA SEKOLAH SWASTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012 - 2014. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1, Sampul, Abstrak, Peretujuan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
Dokumen Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
Dokumen Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen Bab V dan daftar pustaka+lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Tugas dan Fungsi LOS dalam Pelayanan Publik di DIY, (2) Masalah yang muncul di sekolah swasta, (3) Faktor yang membuat masyarakat DIY mengadukan permasalahan sekolah swasta ke LOS DIY, dan (4) Mengetahui hasil penyelesaian problematika sekolah swasta di DIY dalam kurun waktu tahun 2012 - 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif analitis. Penelitian dilaksanakan di LOS DIY dengan subjek penelitian adalah sekolah swasta, pelapor dan LOS DIY. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) LOS DIY bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik oleh pelaku usaha swasta, termasuk penyelenggaraan pendidikan swasta oleh yayasan atau lembaga swasta. Fungsi LOS DIY adalah mendorong para pihak yang berselisih untuk mencari solusi bersama tanpa merugikan pihak manapun, menjalin kerjasama dan koordinasi dengan lembaga terkait guna menuntaskan masalah. (2) Masalah pendidikan swasta yang disampaikan ke LOS DIY adalah Transparansi manajemen sekolah/yayasan dalam pengelolaan pendidikan yang diadukan oleh guru/karyawan dan orang tua siswa, dan Layanan sekolah swasta kepada siswa/orang tua siswa. (3) Faktor pendorong aduan adalah Pelapor sudah berupaya melakukan komunikasi untuk menyelesaikan masalah dengan penyelenggara pendidikan swasta, namun tanggapan atau solusi atas aduan belum menyelesaikan pokok masalah. Sekolah belum dapat menemukan solusi yang tepat karena tidak dapat memutuskan sendiri, sehingga kemudian muncul kesan berlarut-larut tanpa ada solusi penyelesaian dan seolah dibiarkan tanpa ada kejelasan. (4) Hasil penyelesaian problematika sekolah swasta yang dilakukan LOS DIY adalah para pihak menyatakan dapat menerima rekomendasi LOS DIY karena memberikan solusi atas aduan tanpa merugikan siapapun. Dalam menangani setiap aduan, LOS DIY mengambil peran di tengah-tengah, tanpa berpihak ke manapun. Tahapan penyelesaian yang dilakukan adalah Klarifikasi, Investigasi, Mediasi dan produk akhirnya adalah Rekomendasi. LOS DIY melakukan monitoring pada setiap aduan untuk memantau apakah rekomendasi yang diberikan sudah dilaksanakan dan untuk mengetahui apakah ada kesulitan dalam melaksanakan rekomendasi tersebut.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: LOS, ombudsman, problematika, dan sekolah swasta
Subjects: Sosial > Permasalahan dan kesejahteraan Sosial > Aksi sosial lembaga swasta
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 May 2016 02:36
Last Modified: 28 May 2016 02:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item